Selasa, 25 Oktober 2011

Menulis itu Tiadalah Mudah

Lo punya cita-cita kan? Pasti.
Lo punya impian kan? Iya.
Oke, gue juga. tapi, seberapa besar niat buat ngewujudkan cita-cita lo?

hm, gue punya impian, impian gue adalah menjadi peri imut yang tiap hari naik kuda poni sama pangeran tampan, eh bukan, impian gue sebenernya ada lah menjadi seorang Penulis, seperti yang udah gue jelasin di postingan sebelumnya.
















Gue tau, dalam mewujudkan cita-cita itu, gue harus berusaha. kalo gue diem dirumah berendem di air lumpur terus, gak bakalan cita-cita gue bisa terwujudkan.

Semenjak terkenalnya Raditya Dika dan buku-bukunya, gue ngerasa kalo gue mempunyai peluang banyak buat jadi penulis, gue ngerasa jadi penulis itu gampang. segampang ngerjain soal matematika anak TK. gue emang idiot.

Tapi, setelah gue telaah dan cermati, jadi penulis itu gak segampang apa yang gue kira. gue cuma ngeliat sosok Raditya Dika dari keberhasilannya. gue gak kepikiran ketika awal dia bikin buku, apakah langsung berhasil? enggak.
pertama kali bukunya keluar, apa lo kira banyak orang yang dateng saat talkshownya? enggak.
saat talkshow pertama buku Kambing Jantan, yang dateng bisa diitung, mungkin kira-kira sepuluh orang. mungkin beberapa diantaranya yang dateng itu beranggapan kalo acara itu adalah acara 'manusia pendek makan beling', atau semacam acara sirkus. iya, itu sedih.
contoh lagi, ketika Alit bikin buku Shitlicious, memakan waktu empat tahun untuk ngebuat naskah itu menjadi buku. woah, bayangin. empat tahun. empat kali lebaran, men! dan mungkin di pertengahan proses pembuatan bukunya, Alit bisa aja pernah ngerasa down, putus asa, putus harapan, atau apalah. sampai akhirnya bukunya diterbitkan.

gue jadi lemes, gak yakin bisa nerusin cita-cita gue itu. kalopun naskah gue udah siap untuk dibukuin, apakah ada penerbit yang mau nerbitin buku gue? mungkin cuma penerbit yang mengeluarkan buku peternakan yang mau nerbitin. dan seandainya ada yang penerbit yang mau nerbitin, apakah bisa jamin buku gue bakal laku? apa ada yang mau beli? ya, mungkin ada yang beli buat keset kamar mandi.
udah ah, jadi lemes.

11 komentar:

  1. spirit and just don't give up! :)

    BalasHapus
  2. Kalau mau belajar, pasti apa pun bisa dilakukan. Salam kenal, kunjungan balik..

    BalasHapus
  3. iyaa haha terimakasih yaa :D oke, segera meluncur!

    BalasHapus
  4. I AM A NEW FASHION BLOGGER FROM INDONESIA, LIVING IN SINGAPORE.
    I LOVE YOUR BLOG,AND YOU AS WELL ! NICE POST!! I AM NOW FOLLOWING YOUR BLOG,YOU CAN CHECK IT!! IT WOULD BE AN HONOR IF YOU FOLLOW MY BLOG:

    seekthesleek.blogspot.com
    if you follow my blog:
    - I WILL BE ACTIVE ON COMMENTING YOUR POSTS
    - I WILL RECOMMEND YOUR POSTS TO GOOGLE
    - I WILL SHARE YOUR POSTS TO MY TWITTER : @TIODANG
    PLEASE LET ME KNOW YOUR TWITTER ACCOUNT, SO I CAN MENTION YOU IF I SHARE YOUR POST TO MY TWITTER,
    AND FEEL FREE TO MENTION ME IF YOU WANT ME TO READ YOUR NEWEST POST & COMMENT IT!
    - I WILL PROMOTE YOUR BLOG IN MY BLOG (*this one need a special request , please contact me: cheeringwinda@yahoo.com if you are interested!)
    *THAT IS AS LONG AS YOU KEEP IN TOUCH WITH MY BLOG TOO!!*

    (PLEASE TELL ME IF IT SAYS THAT I HAVENT FOLLOW YOUR BLOG, SOMETHING IS WRONG WITH MY BLOG RECENTLY, BUT IF IT'S FIXED, I WILL FOLLOW U AS SOON AS POSSIBLE)

    BalasHapus
  5. THANKS FOR FOLLOWING SEEK THE SLEEK! I'VE SHARED THIS POST TO MY TWITTER: @tiodang + RECOMMEND THIS POST TO GOOGLE :D
    IT'S TRULY AN HONOR HAVING YOU AS MY BLOG MEMBER.
    i will keep in touch with your blog! as long as you leave a comment and share my posts too :D THANKS!
    let me know your twitter acc, so everytime i share your post to my twitter, i can mention you.
    feel free to mention me on twitter if u want me to check out your new post & comment it! if you want me to promote your blog on my blog,
    please contact me: cheeringwinda@yahoo.com
    *YOU CAN ADD ME ON FACEBOOK, I WILL ALWAYS CONFIRM MY FOLLOWERS :D

    BalasHapus
  6. Interesting blog, I really enjoyed browsing it :)

    XX JUNO ♥
    I AM A NEW FASHION BLOGGER,Visit OHITSJUNO.BLOGSPOT.COM
    you may follow if you LIKE ...,
    THANK YOU :))

    BalasHapus
  7. oke, yes thank you. no smoking mamen!

    BalasHapus
  8. haha sama, gue juga pgn jadi penulis. I think we have the same destination and the same favorite writer! haha. yap, gue juga suka ama bang radith<3

    jangan nyerah, sukses butuh pengorbanan ;;) salam kenal btw :D mehehehe

    BalasHapus
  9. wahahaha kita senasib! oke lo juga jangan nyerah ya! hehehe. salam kenal juga :D

    BalasHapus