Sabtu, 16 November 2013

Hantu?



Baru saja selesai membaca novel yang gue beli dua minggu lalu. ‘Danur’, karya penulis Risa Saraswati. Mengisahkan Risa, yang mempunyai teman, yang dirahasiakan oleh Risa sendiri. Yaitu 5 anak laki-laki keturunan Belanda, yang tiba-tiba saja datang, dibunuh pada zaman penjajahan Jepang. Ya, Risa berteman dengan Hantu. Gue juga jadi kepingin punya teman hantu. Yang bisa ngebantuin ngerjain tugas, beliin sate padang, dan selalu menyediakan beng-beng untuk gue.

Hantu. Pemikiran setiap orang gak bisa sama tentang yang satu ini. Dan inilah yang membuat hantu menjadi unik, ditakuti, dihindari, malah kadang untuk dicari.  Karena memang kita tidak tahu dan mengerti sepenuhnya tentang mereka.
Gue membaca salah satu buku islami, disana tertulis hantu itu tidak ada. Menurut ajaran islam, roh yang mati dijaga di tempatnya sampai hari kiamat.
berbeda juga dengan para ilmuwan. Menurut mereka, hantu adalah ilusi yang dibuat oleh otak. Ya, karena mereka mengambil penelitian dari sudut ilmu sains memang.
Hal yang membuat gue berpikir untuk menulis beginian, suatu ketika, gue dan beberapa teman sedang berbincang dengan seorang alumni yang sekarang menjadi guru Bahasa Indonesia, kak Deny kita biasa memanggil, di kampus malam hari.
“Nih. Gue mau nanya, emang ada ya setan atau hantu di dunia ini?”, dia bertanya saat itu. Kita memang sedang gak ada kerjaan dan memang malas untuk pulang ke rumah setelah latihan teater. Jam delapan malam.
Dijawab oleh gue dan teman-teman dengan apa yang kebanyakan orang pikir.
“Terus kalo kalian bilang ada, emang udah pernah liat?”
“Ya orang lain pernah kak, di tipi juga”
“Dasar kalian. Gini, kita melihat hantu ya gara-gara sosok itu yang ada di pikran kita. Di indonesia terlalu banyak dicekoki pocong, kuntilanak, ya semacam itu. Memangnya pernah, kalian denger ada orang yang ngeliat hantu luar? Kayak hantu gurita musuhnya Jack Sparrow di Carribean? Pernah gak orang ngeliat hantu flying dutch man di jalanan? Enggak kan? Yakarena memang kalian gak pernah mikirin sosok hantu tersebut.”
“tapi Kak Deny, kok bisa bilang gitu?”
“tapi kan memang ada Kak”
“temen gue pernah liat tau”
“Terus gimana ceritanya dukun-dukun atau supranatural yang bisa berhubungan sama hantu, Kak Deny?”
Kak Deny nyengir, “Ah, babi anjing kalian”. Disusul tertawaan kita semua yang gak mengacuhkan kita sedang di kampus malam hari.
Kak Deny meneruskan, “kalian tau gak? Kalau hal-hal mistis itu adalah sains yang belum terungkap.”
Pembicaraan kita dengan Kak Deny selanjutnya terlalu ngablu untuk gue tulis disini.
Kembali kepada yang gue tulis sebelumnya. Pemikiran orang tentang hantu berbeda tiap orang. Gue, atau kita, terlalu menghabiskan waktu untuk berpikir tentang hantu. Yang jelas, memang kebanyakan kita takut dengan sosok mereka, termasuk gue.

10 komentar:

  1. pernah diajarin cara liat demit. caranya, cukur alis sampe bersih. trus pake celak. nah bis itu jslan ke depan cermin.

    BalasHapus
  2. salam kenal ya diah... mhon dukungan tanggapan di artikel saya dengsn judul [giveaway] Dinding Gusdi Merilis Sebuah Buku

    BalasHapus
  3. wah, sudut pandang yang bagus banget ya dari kak deni. gua juga baru ngeh tuh. takut akan hantu itu sebenarnya karena pikiran aja sih menurut gua. dan gua juga belum pernah liat hantu

    main-main ke blog gua juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar menurut gue juga begitu.

      okeee.

      Hapus
  4. Hahahaha, tar kita lanjutkan obrolan aneh kita yah

    BalasHapus
  5. Iya emang hantu itu tau apa aja bentuk2 yg ditakuti oleh manusia di suatu wilayah, mereka juga bener bisa meragakan kejadian2 masa lalu dengan sangat mirip seperti yg terjadi dulu. Hantu itu kan jin, di alam ghaib juga sama kaya dunia manusia, tapi bedanya mereka bisa melihat kita nah kalo manusia cuman orang tertentu yg bisa melihat mereka dalam perwujudan yg aneh2 bukan dalam wujud aslinya. Hahaha apaan sih gue jadi ngawur, itu sih yg gue tau dari 'temen'. Tapi jangan terlalu percaya ama omongan / cerita / bisik2an dari yg halus2 kebanyakan dari mereka cuman mau ngegoyahin keimanan seorang muslim. Kalo agama laen sih ya ga tau ya.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus